novusordoseclorum

*terinspirasi dari kisah nyata

Di suatu Jum’at, di siang hari yang tidak terlalu terik, dan tidak pula mendung, dan juga tidak ada badai atau topan, dan tidak sedang gerhana. Intinya biasa-biasa aja. Saat pria-pria muslim dan beriman menghentikan jual beli lalu berbondong-bondong menunaikan sholat jum’at, saat mereka mulai merumuskan rancangan peradaban sembari menyimak khotbah sang khatib (yang walaupun kadang-kadang bersuara monoton(seperti radio), minim intonasi, dan membosankan). Itu semua tidak merubah apa-apa. Di kepala mereka tergambar istana-istana Cordova, megahnya Andalusia, luarbiasanya peradaban islam sepanjang Bosphorus, dan suatu saat, tanah air mereka jadi rahmat sekalian alam tiap jengkalnya. Memang begitulah tabiat pria-pria peradaban, pikiran mereka jauh ke depan, jauh dari sepeleisme (sepele + isme), mereka antiterlambat datang jumatan, lebih-lebih, antitidur. Lagi, sang khatib yang konsisten monoton, tidak merubah apa-apa, semangat mereka tetap saja adalah pendar bara yang nyala.

Saat itulah, wanita-wanita peradaban juga tak diam. Jika peradaban adalah bangunan, maka wanita-wanita itu ikut menyusun bata. Seperti kumpulan wanita yang akan saya ceritakan ini. Mereka 10 orang (sebut saja Ani,Bani,Switi,Beibi, Hepi,Syala,Lala,Syubi,Dubi, Cupcupmuah). 11 dengan mentornya (yang dikenal random, sebut saja si “Ehem”).

Ehem    :baiklah adik2, sekarang kitaa… main kuis cerdas cermaaaaat…”SIAPA CEPAT DIA DAPAAAAT” yeeeee^^

Adik2     :  ???

Yah,beginilah kalau mentor malas-malasan membaca referensi. Tapi percayalah, kuis “SIAPA CEPAT DIA DAPAAAAT” ini akan sangat berperan membangun peradaban(?)

Ani         :hadiahnya apa kak?

Bani       :apa kak?apa?apa?

Switi      :apa?apa?

Ehem    :ada deh.  Ayo, kalian dibagi jadi dua grup ya…ani bani switti beibi hepi 1 grup, sisanya 1 grup. Grup kiri namanya siapaaa?

Grup kiri :blablabla%%#$#&^%..*ceritanya lagi musyawarah*.. namanya grup “Manis” kaaakkk..yeeee^^

Ehem    :  okeoke, grup kanan namanya siapa?

Grup Kanan: blablabla%%#$#&^%..*pake musyawarah juga *.. namanya grup “Manja” kaaakkk..ohyeah^^

Ehem    :baiklah grup manis dan grup manja, kuis ini terdiri dari dua babak, isinya pertanyaan aja, siapa tau langsung ngacung dan jawab

Beibi      :jangan yg susah-susah ya kaaaakk

Ehem    :iyaa, gampang kokkkk.. Kalau bener poinnya 100, kalau salah -500..oke?

Syala      :huaaaa..ga bisa, jelek banget -500

Lala        :iya.iya.iya..ga usah dikurangin aja…

Syubi     :nol ajaaaaaa..ah kakak curang..

Ehem    :ih, apadeh, kan ini game…terima ajaa

Bidu       :loh?ga bisa gitu kaakkk

%^$5&%$%#%998..

Beberapa menit setelah debat “Pantaskah poin -500 untuk jawaban salah?”, maka:

Ehem    :  oke deh, yang bener 100, yang salah -5. Ok deal. Ga boleh protes. Baiklah kita masuk ke babak pertama ^^

Grup Manis : YEEEEEEEE…. #GEDUBRAKPLAKKPLAKK *sambil mukul2 meja

Grup Manja: HUUUU YEEEEE.. #PLAKKPLETAAKKKKKPRANGPRANGGGPLAKKK *ga mau kalah, grup ini lebih anarkis mukulin meja, kalau ada anak orang nganggur kayanya bakal dipukulin juga*

Ehem    :sebelumnya, coba grup manis mana yel-yelnya?

Grup Manis: ???

Grup Manis: MANIS!MANIS!HIDUP MANISSS!!YEE MANIS GO MANIS GOOOO *tetap dengan pukulan meja yang makin menjadi-jadi*

Ehem    :grup manja mana yel-yelnyaaa?

Grup Manja : M!A!N!J!AAAAA!!!! MANJAAAAAAAAAAA….BUBUBUBUBU..HIDUP MANJAAAAAAAA!!!!

Ehem    :  Pertanyaan pertama di babak pertama.. siap yaaa…. Siapa..nama..istri… BARACK OBAMA?

Tiba-tiba kerusuhan terjadi. Sangat chaos

Ani         :HUAAAA!!!SAYA KAK!SAYA SAYA SAYAAAA..!!!!!!!!

Syala      :SAYA DULUAN KAAAAKKK… SAYAAAAA… SAYAAAA.!!!!!!!!!!!!!

Bani       :  POKONYA SAYA YANG DULU NGACUNG KAAAAKKK…!!!!!!!!!!!!

Lala        :SAYAAAAAA…SAYAAAA….!!!!!!!!!!!!!

Switi      :SAYAAAAAAAAAAAAAAA…………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Beibi      :HUA.SAYASAYASAYASAYA…!!!!!!!!!!!!

Syubi     :SAYA KAKKK..SAYA LIAT SYALA NGACUNG DULUAAANNN………!!!!!!!!!!!!!!

Bidu       :SAYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA………………!!!!!!!!!!!

Ehem    :ARRRRRGGGGGGHHHHHHHH.HENTIKAAAAAAAAAAAANNN!!!*mendramatisir* udah.udah.cukup.jangan berisik. Oke kakak liat syala ngacung duluan, apa jawabannya?

Syala      :Michelle Obama Kaaakk ye benerrrr

Grup manja        :YEEEE..HIPHIP..HOREEEE..!!!!

Ehem    :  oke, 100 untuk Manja. Pertanyaan selanjutnya, siapa seleb cwe yang jadi ahli waris hotel Hilton?

Ani         :HUAAAA!!!SAYA KAK!SAYA SAYA SAYAAAA..!!!!!!!!

Syala      :SAYA DULUAN KAAAAKKK… SAYAAAAA… SAYAAAA.!!!!!!!!!!!!!

Bani       :  POKONYA SAYA YANG DULU NGACUNG KAAAAKKK…!!!!!!!!!!!!

Lala        :SAYAAAAAA…SAYAAAA….!!!!!!!!!!!!!

Switi      :SAYAAAAAAAAAAAAAAA…………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Beibi      :HUA.SAYASAYASAYASAYA…!!!!!!!!!!!!

Syubi     :SAYA KAKKK..SAYA NGACUNG DULUAAANNN………!!!!!!!!!!!!!!

Bidu       :SAYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA………………!!!!!!!!!!!

Ehem    :CGKHKHGGDGUK

Ehem    :  oke, babak pertama selesai, skor imbang.. kita masuk ke babak kedua..siap yaaa..

Grup manis         :SIAAAAPPPPP!!!!

Grup manja        :SIAAAAAAAAAAAAAAPPPPPPPPPPP!!!

Ehem    :pertanyaan pertama, di babak kedua, siapa nama kakek Nabi Muhammad?

Grup Manis:…..

Grup Manja:…..

Ani:umm.. lupa lupa inget kak, ga yakin..

Ehem    :jawab aja dulu^^, salah juga cuma -5 ini…

Switi      :ah ga mau kak, takut dikurangin nilainya..

Ehem    :ga ada yg bisa jawab niii?^^

Lala        :iya kak, nyerah aja deh..

Ehem    :jawabannya Abdul Muthatib^^.. pertanyaan selanjutnya ya..  siapa nama pendeta yang bisa melihat tanda-tanda kerasulan Muhammad SAW?

Ani         :….

Switi      :…

Bidu       :lupa kak, pelajaran SD…

Ehem    :nyerah nih?  Ini deh, yang gampang, dimana wahyu untuk nabi Muhammad turun pertama kali?

Bani       :ah udah ah kak, saya nyerah aja kalau pertanyaan begini..

Switi      :iya kak..udahan ah..

Cupcupmuah     :kak, mau coba jawab..

Ehem    :ya. apa jawabannya?

Cupcupmuah     :Gua Hira.

Ehem    :beneer^^ Gua Hira’, di puncak Jabal Nur..sekarang, siapa istri nabi yang dipanggil humairaa atau pipi yang kemerah-merahan?

Switi      : aisyah bukan sih kak?

Ehem    :iyaa.. beneer^^ oke gamenya selesai !!! Skornya sama.. jadi ga ada yang menang dan kalah^^

Bani       :ah kakak curang, sengaja distop pas skornya sama biar ga usah ngasih hadiah yaa?

Ehem    :  *dalam hati:ups!ketauan juga trik saya * hehehe.. dapet hadiah kookk.. ucapan selamat..hahahaha. Oke. Apa hikmah dari kuis tadi?

Lala        :yah, iya sih kak.. kita minim pengetahuan islamnya..

Switi      :tapi kan masalahnya di tivi kan isinya gitu-gitu semua kak, jadi kita taunya itu…

Bani       :iya kak..

Syubi     :iya kak..

Switi      :iya kak, mana ada di TV iklan : “Aisyah.. si pipi kemerah merahan…” *sambil menirukan iklan sabun muka pencerah wajah*

Ehem    :Hahaha.

….

….

Media. Yap, Media. Sangat benar, siapa yang menguasai media, akan menguasai dunia. Media bisa menggiring persepsi orang-orang, bisa mendoktrin, bisa merubah prinsip, bisa sangat kejam. Media bisa saja membuat satu orang dibenci seluruh dunia atau sebaliknya, bisa membuat sebuah negara bergejolak, bisa membuat yang bersalah seakan-akan menjadi korban, dan korban yang membela diri seolah-olah pembunuh berdarah dingin. Memang begitulah, media bisa sangat busuk.

Saya tidak bisa berekspektasi tinggi di media ditampilkan kisah-kisah teladan yang bisa dijadikan contoh seperti kisah Rasulullah dan para Sahabat, saya juga tidak muluk-muluk menginginkan ada iklan “Aisyah.. si pipi kemerah merahan…”. Sederhana saja. Saya ingin media tidak jadi penyebab apalagi katalisator kerusakan moral penduduk bumi. Saya ingin media menjadi wadah yang melaluinya nilai-nilai islami tereksitasi sedemikian rupa. Tidak ada niat diskriminasi SARA dalam istilah “nilai-nilai islami” yang saya gunakan. I’m Dwi and I’m not a terrorist (?). Ini hanya istilah lain dari “nilai-nilai kebaikan”. “Nilai-nilai kebaikan” adalah nilai universal. Semua nilai-nilai kebaikan adalah nilai-nilai islami. Karena islam tersusun dari nilai-nilai kebaikan yang universal. *bingung ya?yasudah*

Tidak heran dengan “attitude” media sekarang.. Lihat saja, siapa yang berada di belakang media-media terbesar dunia.. Huff.keterlaluan memang.

Kalau begitu, ayo pemuda-pemudi peradaban, apapun medianya, dengan kekuatan cinta, kita tebarkan kebaikan^^

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to novusordoseclorum

  1. rachavidya says:

    bagian paling saya suka itu adalah “tanah air mereka jadi rahmat sekalian alam tiap jengkalnya”,,

  2. RdianW says:

    salam Uni..,
    hahaaa….sya bru baca2 blog uni.., HUaaaaaaaaaa..lepas
    ngakakkkkkk,…………

  3. RdianW says:

    salam Uni..,
    suka dengan blog Uni…
    Huaaaa…………. *lepas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s